Visi Dan Misi

Visi Program Studi Magister Ilmu Kependudukan dan Ketenagakerjaan :

Pada tahun 2029 Menjadikan Program Magister Ilmu Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MIKK) yang Andal dan berkarakter Kewirausahaan secara Global. Selanjutnya uraian yang lebih realistis tentang VISIProdi MIKK tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Aspek kejelasan: Maksud Program Studi Magister Ilmu Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MIKK) yang Andal secara Global yaitu Prodi MIKK mampu:

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki nilai akademik diatas 3,5 dengan lama studi dua tahun. 

2. Program Studi MIKK memiliki mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan sarjana luar negeri. 

3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan berbahasa Asing (Bahasa Inggeris).

4. Setiap dosen tetap MIKK menghasilkan publikasi artikel ilmiah baik pada jurnal-jurnal tingkat Nasional yang terakreditasi maupun publikasi bereputasi Internasional.

5. Setiap dosen tetap MIKK mampu bersaing secara Global terutama mendapatkan hibah-hibah penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang disediakan Lembaga-lembaga Riset Luar Negeri, seperti Kyoto University Japan, dan Goettingen University, Germany, CSSPO (Consortium Studies on Smallholder Palm Oil) International, dan Central Luzon State University, Philipine. Kemudian, dosen-dosen MIKK mampu bersaing dalam mendapatkan hibah-hibah penelitian yang disediakan Ristek Dikti, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah.

6. Setiap dosen tetap MIKK menghasilkan publikasi artikel ilmiah baik pada jurnal-jurnal bereputasi Internasional yang memiliki indeks secara Google Scholar, dan bahkan memiliki factor impact, dan berindek scopus..

7. Setiap dosen tetap MIKK mampu bersaing dengan Prodi-prodi lain secara Internasional untuk mendapatkan hibah-hibah penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama pengembangan pendidikan serta penelitian lainnya, seperti Kerjasama Penelitian dengan Kyoto University Japan, dan Goettingen University, Germany, CSSPO (Consortium Studies on Smallholder Palm Oil) International, dan Central Luzon State University, Philipine. 

Maksud Program Studi Magister Ilmu Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MIKK) yang Berkarakter Kewirausahaan:

1. Prodi MIKK menjalankan Proses Belajar Mengajar menggunakan fasilitas gedung, dan ruangan secara mandiri.

2. Prodi MIKK menjalankan Proses Belajar Mengajar dengan homebase dan dosen tetap yang memilik pengalaman bidang kependudukan dan ketenagakerjaan.

3. Prodi MIKK menjalankan Proses Belajar Mengajar selalu memfasilitasi para dosen untuk melakukan kreativitas dan inovasi-inovasi metode dan media pembelajaran.

4. Prodi MIKK menghasilkan lulusan yang mandiri, kreatif, inovatif, dan memiliki kemampuan visioner. 

Semua kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Prodi MIKK dan dosen-dosen dengan tujuan dan sasarannya adalah penduduk yang sejahtera dan berkeadilan. Penduduk yang sejahtera ditunjukkan oleh penduduk yang memiliki indikator kekayaan ekonomi, dan kekayaan sosial yang merata pada setiap kelompok penduduk, sedangkan penduduk  yang berkeadilan adalah penduduk memiliki kemampuan akses fasilitas dan kesempatan kerja serta peluang berusaha secara merata.

b. Aspek Kerealistikan: Program Studi Magister Ilmu Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MIKK) Pascasarjana Universitas Jambi memiliki faktor-faktor yang sangat mendukung untuk menjadi Prodi MIKK yang andalsecara global yaitu penyediaan dana-dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang disediakan oleh Prodi MIKK, Sekretariat Pascasarjana dan dana-dana penelitian yang disediakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jambi. Faktor pendukung lainnya, Prodi MIKK memiliki dosen-dosen yang andal (3 orang guru besar, dan 12 orang bergelar Doktor) yang memiliki kompetisi penelitian dan penulisan artikel ilmiah baik ditingkat Nasional maupun Internasional. Disamping itu, Prodi MIKK memiliki kerjasama kegiatan pendidikan, dan penelitian secara Internasional, yaitu kerjasama International dengan Goettingen University selama 12 tahun sejak tahun 2011-2023, dan kerjasama Internasional dengan Kyoto University Japan.Kemudian, Program Studi MIKK memiliki sumberdaya mahsiswa yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana dari luar negeri. Faktor pendukung lainnya, Prodi MIKK menjalankan kurikulum berbasis pada penduduk  dan tenaga kerja dalam mewujudkan kesejahteraan dan keadilan.

c. Aspek Keterkaitan: Visi Prodi MIKK terkait dengan Visi Pascasarjana yaitu “Mewujudkan Pascasarjana Universitas Jambi yang unggul dan berkarakter kewirausahaan di tingkat Nasional dan Internasional”. Kemudian Visi MIKK sangat terkait dengan Peraturan Rektor Nomor: 7 Tahun 2016, tanggal 21 Agustus 2016, tentang Visi dan Misi Universitas Jambi, dan Peraturan Direktur Pascasarjana Universitas Jambi Nomor: 29, tanggal 8 Maret 2017 tentang Visi dan Misi Pascasarjana Universitas Jambi serta Renstra dan Kurikulum Prodi MIKK. Renstra Prodi MIKKmelalui Peraturan Direktur Pascasarjana Universitas Jambi,  Nomor 47, tanggal 27 April 2017, sedangkan Kurikulum Prodi MIKK berdasarkan Peraturan Direktur Pascasarjana Universitas Jambi Nomor: 65, tanggal 8 Mai 2017.

d. Keterlibatan Pemangku Kepentingan: Pihak yang terlibat dalam penyusunan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi MIKK Pascasarjana Universitas Jambi meliputi:

1. Pimpinan Pascasarjana 

Selama proses penyusunan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi MIKK melibatkan Pimpinan Pascasarjana Universitas Jambi. Adapun pimpinan Pascasarjana yang dilibatkan meliputi Direktur, Wakil Direktur Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Sumberdaya Manusia, dan Kepala Tata Usaha. Keterlibatan pimpinan Pascasarjana ini sangat penting karena Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi MIKK berkaitan erat dengan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Pascasarjana Universitas Jambi. Inti masukan yang disampaikan oleh pimpinan Pascasarjana terutama Direktur memberikan masukan tentang perubahan Visi, dan Misi Pascasarjana yang lama ke Visi dan Misi Pascasarjana yang baru.Masukan Wakil Direktur bidang pendidikan dan kemahasiswaan yaitu penyempurnaan Kurikulum sesuai dengan Visi dan Misi Pascasarjana dan Prodi MIKK, sedangkan masukan Wakil Direktur bidang Keuangan dan Sumberdaya manusia serta KTU tentang penggunaan anggaran pendidikan dan kegiatan tridharma lainnya. 

2. Dosen Prodi MIKK 

Dosen-dosen MIKK  yang  dilibatkan  dalam  proses  penyusunan  Visi,  Misi,  Tujuan,  dan Sasaran Prodi MIKK adalah dosen tetap yang memiliki kemampuan dan pengalaman bidang keahlian dan manajemen serta memiliki pengalaman pimpinan serupa dilingkungan Perguruan Tinggi.  Adapun jumlah dosen yang dilibatkan dalam penysunan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi MIKK ini sebanyak 5 (lima) orang. Inti masukan yang diberikan oleh dosen terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi MIKKyang sedang disusun oleh Tim yaitu berupa muatan kurikulum yang dijalankan dan telah direvisi sebelumnya sesuai dengan perkembangan ipteks bidang kependudukan dan ketenagakerjaan serta kebutuhan masyarakat lainnya.

3. Mahasiswa MIKK

Mahasiswa MIKK  yang  dilibatkan  dalam  proses  penyusunan  Visi,  Misi,  Tujuan,  dan Sasaran Prodi MIKK adalah mahasiswa yang masih aktif.  Adapun jumlah mahasiswa yang dilibatkan dalam penysunan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi MIKK ini sebanyak 8 (delapan) orang. Jumlah mahasiswa ini diambil dari setiap angkatan, masing-masing sebanyak 4 orang dari angkatan I, 2 orang dari angkatan II, dan 2 orang dari angkatan III. Inti masukan yang sampaikan oleh kelompok mahasiswa terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi MIKK  yaitu berupa keterkaitan Tujuan dan Sasaran Prodi MIKK dengan Proses Pendidikan dan Pembelajaran, serta tugas akhir (Tesis) mahasiswa. 

4. Tenaga Kependidikan

Tenaga Kependidikan MIKK  yang  dilibatkan  dalam  proses  penyusunan  Visi,  Misi,  Tujuan,  dan Sasaran Prodi MIKK meliputi bidang pendidikan dan kemahasiswaan, dan bidang keuangan. Jumlah tenaga kependidikan (tendik) yang dilibatkan ini sesuai dengan jumlah tendik yang dimiliki MIKK.  Melihat proses penyusunan Visi,  Misi,  Tujuan,  dan Sasaran Prodi MIKK, maka mereka mengetahui tentang Tupoksi yang harus dijalankan selama diberi tugas dan beban kerja kepada mereka. 

5. Alumni

Jumlah Alumni MIKK  yang  dilibatkan  dalam  proses  penyusunan  Visi,  Misi,  Tujuan,  dan Sasaran Prodi MIKK sebanyak 4 (empat) orang. Sesuai dengan pengalaman selama menjadi mahasiswa dan   sebagai alumni, mereka memberikan masukan tentang penyempurnaan kurikulum terutama berkaitan dengan kebutuhan pada bidang pekerjaan sesuai bidang keahliannya. Masukan ini sangat penting untuk perbaikan Tujuan dan Sasaran Prodi MIKK kedepan.

6. Stakeholder dan Masyarakat

Sebagai Mitra Kerja dan User, maka stakeholder dan kelompok Masyarakat sangat penting dilibatkan dalam penyusunan Visi,  Misi,  Tujuan,  dan Sasaran Prodi MIKK. Adapun jumlah stakeholder dan kelompok Masyarakat  yang  dilibatkan  dalam  proses  penyusunan  Visi,  Misi,  Tujuan,  dan Sasaran Prodi MIKK sebanyak 5 (lima) orang, masing-masing 2 orang dari kalangan birokrat, dan 3 orang dari kelompok masyarakat. Inti masukan yang diberikan adalah berkaitan dengan isu pembangunan terkini dan muatan local yang dibutuhkan oleh kelompok masyarakat  khususnya masyarakat jambi. 

Misi Program Studi Magister Ilmu Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MIKK) :

Berdasarkan pada Misi Universitas Jambi, dan Pascasarjana  maka diturunkan Misi Program Studi Magister Ilmu Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MIKK).  Misi Prodi ini dikembangkan sebagai bentuk dukungan terhadap Misi Pascasarjana dan Universitas, yaitu:(1) Menyelenggarakan Pendidikan Pascasarjana yang bermutu,  kompetitif dan berkarakter kewirausahaan; (2) Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas, inovatif serta berkelanjutan; (3) Mengembangkan kapasitas dan kualitas kelembagaan Pascasarjana yang siap menghadapi tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan yang berubah dengan cepat; dan (4) Mengembangkan jejaring pada semua aspek Tridharma perguruan tinggi. Dalam hal ini Prodi MIKK mengemban Misi yaitu: 

1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, transparan, dan andal  dalam bidang      Kependudukan dan Ketenagakerjaan, yang meliputi:

a. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kependudukan dan ketenagakerjaan yang mampu berdaya saing secara global.

b. Membangun suasana akademik yang kondusif dan profesional selama proses pembelajaran di bidang kependudukan dan ketenagakerjaan,

c. Menghasilkan lulusan berakhlak mulia yang mempunyai kompetensi ilmu pengetahuan, budaya, dan teknologi dibidang kependudukan dan ketenagakerjaan.

2. Menyelenggarakan dan menerapkan hasil-hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan hasil-hasil kerjasama dengan stakeholder bidang kependudukan dan ketenagakerjaan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan penduduk.

3. Mengembangkan kapasitas dan kualitas kelembagaan Prodi MIKK dalam menghadapi tuntutan masyarakat dan perkembangan Information and Technology (IT) yang berkarakter kewirausahaan secara global.

4. Membangun kerjasama dengan stakeholder bidang kependudukan dan ketenagakerjaan baik tingkat Nasional maupun Internasional.

5.  Menyelenggarakan layanan prima keorganisasian yang efektif dan efisien.

 

 

 

 

 

Alamat

 

GEDUNG PASCASARJANA UNIVERSITAS JAMBI

Jln. H.A Manap Telanaipura – Jambi 36122

 

Kontak

 • Dr. Ir. Ira Wahyuni, M.P. 08127491117

 • Aprollita, S.P., M.Si. 0812744007575   

 • Julinurisma MZ, S.Pd 081366205535

 • Sekretariat Pascasarjana Unja ; ( 0741) 61129